TNI pantau POLRI dalam penanganan teroris di aceh

Jakarta - TNI mengaku belum menerjunkan pasukan terkait kelompok yang diduga teroris di Aceh. Pihaknya masih memantau perkembangan penanganan dari aparat Kepolisian.

"Kita berangkat dari apa yang menjadi fungsi dan tugas Polri dan TNI sementara ini menyikapi dengan cara memantau dan mengikuti perkembangan di lapangan," kata Kapuspenkum TNI Marsda Sagom Tamboen di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jaksel, Jumat (5/3/2010).

Menurut Sagom, perkembangan kelompok di Aceh masih belum memerlukan penanganan dari TNI. TNI melihat sejauh ini, Polri masih mampu terus melakukan pengejaran.

"Sementara ini langkah-langkah masih dilakukan oleh Polri. Kita belum (ada pengiriman pasukan)," imbuhnya.

Sagom menjelaskan, TNI baru akan melakukan tindakan apabila situasi di Aceh mulai memanas. Sesuai dengan tugas, TNI siap membantu Polri melakukan penanganan.

"Apabila nanti tampil eskalasi mengarah kepada tugas dan fungsi TNI, kita siap (turun ke lapangan). Tapi sejauh ini belum dan belum ada permintaan dari kepolisian," jelasnya.

Seperti diketahui, sejak 22 Februari lalu, Polda Aceh dibantu Densus 88 memburu kelompok yang diduga teroris di Aceh. Menurut Kadivhumas Mabes Polri Irjen Pol Edward Aritonang 14 orang ditangkap dan dijadikan tersangka sementara satu orang tersangka lainnya tewas tertembak.

Informasi yang diperoleh, pengejaran masih terus dilakukan. 2 Warga sipil tewas karena peluru nyasar.(Ars)

Sbr : DetikNews

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama