KASAD BUKA PENATARAN PELATIH INTI TAKTIK PERTEMPURAN GELOMBANG KEDUA

Sebanyak 457 orang peserta penataran Pelatih inti Taktik Pertempuran menerima Pengarahan dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI George Toisutta di Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif) Angkatan Darat, Cipatat, Jawa Barat, Rabu(17/3).

Dalam Amanatnya Kasad mengatakan, Taktik bertempur merupakan seni dan ilmu untuk memberdayakan satuan guna memenangkan suatu pertempuran. Taktik bertempur akan mengalami evolusi, seiring dengan tujuan, karakteristik musuh, medan bertempur, sistem persenjataan, dan kemampuan satuan sendiri.

Ditambahkan, dihadapkan dengan realitas pelaksanaan tugas operasi yang dilaksanakan satuan TNI Angkatan Darat selama ini, kita lebih sering melaksanakan operasi dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP), maka arah pembinaan latihan ke depan diarahkan untuk melaksanakan OMSP dengan titik berat Operasi Lawan Insurjensi (OLI) maupun taktik bertempur pada medan-medan tertentu.

Ditegaskan Kasad, Penataran ini bukan latihan untuk menyiapkan prajurit sebagai peraga-peraga untuk ditonton atau didemonstrasikan dengan memperlihatkan keindahan gerakan perorangan dan keindahan manuver satuan, tetapi untuk membentuk prajurit yang benar-benar tangguh dan handal dalam bertempur di medan pertempuran, sehingga hasil penataran perlu ditransformasikan kepada seluruh satuan jajaran TNI Angkatan Darat. “Keberhasilan dalam pelaksanaan penataran, akan terlihat ketika para petatar sampai di satuan, kemudian dapat menularkan seluruh kemampuan yang dimiliki kepada anggotanya masing-masing”, tegas Kasad.

Usai upacara pembukaan Penataran taktik bertempur gelombang kedua ini, Kasad menyampaikan pengarahan kepada petatar. Tujuan Pengarahan yang diberikan oleh Kasad selain wahana bertatap muka dengan pimpinan Angkatan Darat juga memberikan arahan bagi para peserta penataran pelatih inti taktik pertempuran tentang taktik bertempur yang benar.

Para peserta penataran pelatih inti taktik pertempuran ini antara lain diikuti oleh Komandan Brigade, Komandan Resimen, Komandan Batalyon, Komandan Kompi dan Perwira serta Bintara Pelatih dari satuan-satuan jajaran Angkatan Darat.

Selain Kasad Jenderal TNI George Toisutta, Wakasad Letjen TNI Johanes Suryo Prabowo, Pangkostrad Letjen TNI Burhanudin Amin serta Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suwarno juga turut menyampaikan pembekalan kepada para peserta petatar.(Ars)


Sbr : Dispenad

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama