SESDISPENAD : JADI ANGGOTA TNI ANGKATAN DARAT TIDAK DIPUNGUT BIAYA

DISPENAD (12/2),- Sekretaris Dinas Penerangan Angkatan Darat (Sesdispenad) Kolonel Inf Endar Priyanto menegaskan, untuk bergabung menjadi anggota TNI Angkatan Darat, dari mulai pendaftaran sampai dengan seleksi akhir, kemudian masuk pendidikan dan lulus dilantik menjadi anggota TNI Angkatan Darat tidak dipungut biaya alias gratis.


Hal ini ditegaskan oleh Sesdispenad selaku Ketua Peserta Pameran Angkatan Darat dalam Pameran Education dan Training Expo 2010 di Jakarta Convention Center, Kamis (11/2).


Pameran ini diikuti oleh 95 peserta pameran dan dibuka oleh Wakil Menteri Pendidikan Nasional Prof. DR. Fasli Jalal, PhD., berlangsung dari tanggal 11 hingga tanggal 14 Pebruari 2010. Dalam pameran ini TNI Angkatan Darat diwakili oleh Dispenad, Dispsiad, Ditajenad, Ditbekangad, Kostrad, Kopassus, Puspenerbad dan Akmil.


Menurut Sesdispenad, tujuan mengikuti pameran ini adalah bentuk partisipasi dari TNI Angkatan Darat untuk turut serta mensukseskan acara Pameran Education dan Training Expo 2010 sekaligus menjaring minat siswa untuk bergabung menjadi prajurit TNI Angkatan Darat melalui pilihan yang ditawarkan yaitu, Tamtama Prajurit Karier, Bintara Prajurit Karier, Perwira Prajurit Sukarela Dinas Pendek (PSDP) Penerbang dan Taruna Akademi Militer.


Sesdispenad mengatakan, untuk menjadi prajurit TNI Angkatan Darat ada persyaratan umum dan persyaratan khusus sesuai dengan pilihannya masing-masing. Persyaratan umum berlaku sama untuk semua pilihan anatara lain, warga negara Republik Indonesia, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945, sudah berumur 18 tahun, sehat jasmani dan rohani, tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan keputusan pengadilan dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan dan lulus dari ujian penyaringan.


Kolonel Inf Endar Priyanto menambahkan, waktu pendaftaran untuk Taruna Akademi Militer mulai tanggal 1 Pebruari hingga 26 Maret 2010, lama pendidikan 3 tahun dan setelah lulus dilantik menjadi Letnan Dua, untuk Tamtama PK gelombang I, dari tanggal 4 Januari hingga 22 Pebruari dan gelombang II dari tanggal 5 hingga 23 Juli 2010, lama pendidikan 4 bulan, setelah lulus dilantik menjadi Prajurit Dua.


Pendaftaran Bintara Prajurit Karier (PK) untuk pria dan wanita dibuka tanggal 24 Mei hingga 11 Juni 2010, setelah pendidikan 5 bulan dan dinyatakan luluis dilantik menjadi Sersan Dua. Sedangkan pendaftaran Prajurit PSDP Penerbang dimulai Minggu I Mei hingga minggu IV Juni 2010, lama pendidikan 2 tahun 9 bulan, setelah lulus dilantik menjadi Letnan Dua. Tempat pendaftaran di kantor Ajudan Jenderal Kodam, Korem dan Kodim terdekat dan pendaftaran tidak dipungut biaya, jelas Sesdispenad.(Ars)



Sbr : Dispenad

4 Komentar

Gunawan R mengatakan…
terima kasih pak atas info nya.. saya juga ingin daftar TNI AD.. tp bingung soalnya adaaa yg bilang biayanya mahal,padahal orang tua saya cuma petani. kalau memang gratis saya akaan coba daftar.. kalau boleh tanya apakah lulusan paket-C atau kesetaraan SMA bisa daftar ke Calon Bintara? atau hanya bisa ke calon Tamtama? terima kasih pak..
Redaksi mengatakan…
pendaftaran TNI AD tidak dipungut biaya sepeserpun, meski pendaftaran masih jauh namun ada baiknya persiapan fisik dan mental untuk terus dibina agar mendapat kesiapan yang maksimal saat mengikuti test. untuk ijazah paket C kemungkinan masih bisa karena salah satu syaratnya adalah berijazah SMU / Sederajat.

untuk lebih jelasnya bisa gunawan tanyakan ke ajenrem/ajendam setempat karena segala persyaratan administrasi melalui instansi tersebut. jangan ragu untuk bertanya.
Gunawan R mengatakan…
Siap Pak! Nanti saya akan tanyakan langsung ke Ajendam BB.. Saya memang sudah mempersiapkan fisik sejak jauh2 hari,tapi saya masih bingung apa-apa saja yg harus dipersiapkan buat persiapan mental.. Terima Kasih pak,blog nya bagus dan berguna.. Jayalah terus TNI demi kajayaan NKRI..!
Redaksi mengatakan…
untuk persiapan mental intinya siap kalah dan siap menang, krn persaingan cukup melelahkan. sama-sama semoga sukses. salam...
Lebih baru Lebih lama