Kunjungan Balasan Malaysia Battalion ke Indonesia Battalion

Satuan Tugas Batalyon Mekanis Kontingen Garuda 23-D/ Unifil atau Indonesian Battalion/Indobatt, menerima kunjungan resmi kontingen Malaysia Battalion (Malbatt) yang dipimpin langsung oleh Komandan Malaysia Batalion Kolonel (MAL) Muhammad Nizam pada Minggu (18/07) di Markas Indobatt UN Position 7-1 desa Adshit Al-Qusayr Libanon Selatan.

Dalam kunjungannya Komandan Kontingen Malbatt diikuti oleh sejumlah besar anggota Malaysia Battalion guna melaksanakan serangkaian pertandingan ‘Olahraga Persahabatan’ diantara kedua kontingen. Kunjungan silahturahmi ini disambut langsung oleh Wakil Komandan Satgas Kontingen Garuda XXIII-D Letkol (Mar) Guslin Kamase didampingi beberapa perwira staf satgas di Ruang Lobby Markas Batalion Indobatt.

Pertemuan diawali dengan penerimaan dan penyambutan serta saling memperkenalkan diri diantara kedua kontingen. Diikuti dengan acara refreshment sambil menonton tayangan film-singkat tentang profile Indobatt. Tak lupa pula pada kesempatan ini, kedua pimpinan kontingen ini saling memberikan cenderamata berupa plakat batalyon diantara kedua kontingen. Selanjutnya kegiatan olahraga bersama diadakan di lapangan upacara Soekarno Base sebagai tujuan pokok kunjungan balasan ini diantara seluruh anggota kedua kontingen. Yakni pertandingan persahabatan untuk Bola Voli, Sepak Takraw, Tennis Meja serta bola kaki Futsal.

Pertemuan yang untuk kedua kalinya ini merupakan pertemuan balasan setelah beberapa minggu sebelumnya Kontingen Indobatt melaksanakan kunjungan yang sama di Markas Malbatt desa Hanin UN Position 2-45 di Daerah At-Tiri Sektor Barat UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon). Pimpinan kedua kontingen menyampaikan sambutan singkatnya dan saling menyampaikan penghargaannya yang tinggi atas hubungan kedua negara tetangga ini yang semakin harmonis. Apalagi saat ini saling mendukung didalam pelaksanaan tugas dibawah bendera PBB di Lebanon Selatan.

Komandan Kontingen Malbatt Kolonel (MAL) Muhammad Nizam dalam sambutannya mengawali perkenalan kontingen Malbatt, secara khusus menyampaikan salam hormat kepada segenap jajaran Indobatt yang telah merelakan waktunya untuk menerima rombongan besar Malbatt. “Saya sangat terkesan dengan suasana hijau asri nan luas serta penataan lingkungan Markas Indobatt yang cukup elok ini”, ujar Kolonel Muh Nizam kepada Wadan Satgas Indobatt.

Menimpali hal tersebut, Wadan Satgas Indobatt menyampaikan ungkapan terima kasih atas kehadiran kontingen Malbatt di Markas Indobatt. “Kami atas nama pimpinan satgas serta segenap prajurit Indobatt menyampaikan penghormatan dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran kontingen Malbatt, kami merasa terhormat dan gembira dapat menyambut kehadiran bapak dan anggotanya di markas kami. Kebersamaan tentunya lebih berharga ketimbang kemenangan”, kata Wadan Indobatt diplomatis.

Kegiatan hari minggu yang berharga ini, merupakan cerminan hubungan silahturahmi yang sangat memenuhi ketentuan conduct dicipline yang selama ini senantiasa ditekankan secara tegas oleh organisasi dunia PBB kepada setiap anggota Peacekeeper-nya yakni menghargai semua anggota pemelihara perdamaian pada misi dimanapun seorang Baret Biru bertugas tanpa memandang status, pangkat, suku, atau negara asal, ras, jenis kelamin atau kepercayaan ataupun keimanan. Acara olahraga persahabatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama didepan tugu Garuda Indonesia di lapangan upacara Soekarno Base UN Posn 7-1 Adshit Al-Qusayr. (Pa Pen Konga XXIII-D/Dispenad/Ars)


Sbr : Dispenad

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama