Kodam VI/Mulawarman di Resmikan oleh KSAD

BALIKPAPAN--MI: Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal George Toisutta secara resmi mengesahkan Kodam VI/Mulawarman, Senin (28/6). Kodam tersebut hasil dari likuidasi Kodam VI/Tanjungpura. Sementara Kodam XII/Tanjungpura menjadi kodam baru yang bermarkas di Pontianak, Kalimantan Barat.

Dalam amanatnya, George menegaskan, likuidasi Kodam VI/Tanjungpura dan peresmian Kodam VI/Mulawarman merupakan sebuah kebutuhan yang harus dilakukan, karena Kalimantan memiliki luas hampir satu setengah kali Pulau Jawa, namun hanya memiliki satu Kodam.

Selain itu, kondisi infrastruktur seperti jalan Trans-Kalimanatan yang belum tersambung menjadi penghambat kegiatan militer di wilayah itu. "Kita harus jujur, Kalimantan besar sekali yaitu satu setengah Pulau Jawa. Di Jawa memiliki empat kodam sedangkan di Kalimantan yang besar hanya memiliki satu kodam. Apalagi, infrastruktur, terutama jalan belum siap sehingga komando kendali militer tidak terlaksana dengan baik, dan itu menjadi kendala. Karena itu, jalan yang terbaik adalah pemekaran," ujar George usai peresmian Kodam VI/Mulawarman di Lapangan Makodam VI/Mulawarman, Balikpapan.

George mengaku siap mengerahkan kekuatan penuh pasukan untuk membantu pemerintah daerah se-Kalimantan dalam pembuatan jalan trans-kalimantan. Karena hingga kini, kondisi jalan yang menghubungkan antarprovinsi dan kabupaten sangat memprihatinkan seperti di Kalbar, Kalsel, dan Kalteng, serta Kaltim. George juga mengharapkan keseriusan pemerintah daerah (pemda) agar bisa mendukung program infrastruktur tersebut. (SY/OL-8/Ars)


Sbr : MediaIndonesia


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama