Peringatan Hari Pendidikan Angkatan Laut ke-64

JAKARTA (Pos Kota) – TNI Angkatan Laut merayakan Hari Pendidikan Angkatan Laut ke-64 yang diperingati dengan suatu upacara di lapangan R. Moeljadi, Bumi Moro Krembangan, Surabaya, Rabu (12/5).

Upacara dipimpin inspektur upacara Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Soeparno berlangsung khidmat meski dengan cuaca mendung.

Peringatan kali ini bersamaan dengan momentum Hari Pendidikan Nasional, mengambil filosofi kelahiran Sekolah Angkatan Laut (SAL) di kota Tegal yang berdiri 12 Mei 1946 silam.

Sejalan dengan hal tersebut bulan mei ini dijadikan tonggak kebangkitan Pendidikan Matra Laut.

Meskipun, 12 Mei 1946 dijadikan sebagai cikal bakal berdirinya lembaga pendidikan TNI AL, namun secara resmi diperingati 12 Mei sebagai Hari Pendidikan TNI AL (Hardikal) baru digelar setelah dikeluarkannya Surat Keputusan Kasal No. 729/IV/1977 tanggal 21 April 1977 yang juga ditetapkan sebagai hari jadinya Kobangdikal.

Kini setelah 64 tahun berlalu, wajah pendidikan TNI AL telah menunjukkan banyak kemajuan dalam mencetak prajurit matra laut yang memiliki moral luhur, profesional dan Berani.

Untuk lebih meningkatkan kualitas anak didik, TNI AL kini telah memiliki tiga Komando Utama (Kotama) fungsional pendidikan, yakni Akademi Angkatan Laut (AAL), dan Komando Pengembangan Pendidikan TNI AL (Kobangdikal), berlokasi di Bumimoro, Surabaya, serta Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) berlokasi di Cipulir, Jakarta.

Dalam peringatan tersebut, diwarnai dengan parade dan defile dari Batalyon siswa Diklapa, Pama Kobangdikal, Kadet AAL, siswa Bintara, Pomal, Kowal serta Pramuka dan siswa sekolah KAL yang merupakan binaan TNI AL.

Selain itu juga diselenggarakan pameran teknologi kelautan dan penyerahan hasil Lomba Karya Cipta Teknologi Maritim (LKCTM).

Saat membacakan amanat Kasal, Wakasal menyampaikan pentingnya Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sebuah organisasi khususnya TNI AL.

SDM akan sangat menentukan warna dan output TNI AL. Yang tentunya mengandung pengertian sebaik apapun sistem yang dirancang, apabila tidak diawaki oleh Sumber Daya Manusia yang berkualitas maka kinerja organisasi tidak tercapai secara maksimal.

Disamping perlombaan, Kobangdikal juga menggelar kegiatan yang bersifat sosial di antaranya safari anjang sana dipimpin Ketua PG Jalasenastri Kobangdikal Ny. Wiwid Lestari Sumartono.

Kunjungan ke rumah prajurit Kobangdikal dilakukan sebagai bentuk kepedulian dari dinas terhadap anggotanya.

Kediri, Malang, Mojokerto dan Gresik merupakan kota-kota yang dituju dimana ada anggota Kobangdikal dan keluarganya yang mengalami musibah seperti anak cacat/kelainan/sakit bawaan atau karena kecelakaan dalam latihan/penugasan. (Dispenal/ir/Ars)


Sbr : Poskota

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama