100 kadet AAL ikuti latihan dasar selam

Sebanyak 100 orang Kadet tingkat II Angkatan 57 Akademi Angkatan Laut mengikuti Latihan Selam Dasar di Diving Tank dan Kombasin Koarmatim Surabaya. Ke-100 kadet tersebut terdiri dari Korps Pelaut sebanyak 43 orang, Tehnik 19 orang, Elektronika 12 orang, Suplai 13 orang dan Marinir 13 orang.

Latihan yang akan berlangsung masing-masing 9-10 hari ini, di bagi kedalam tiga (3) gelombang. Gelombang pertama telah dilaksanakan 12-21 April 2010, Gelombang kedua 22 April – 1 Mei 2010 dan gelombang terakhir 10-20 Mei 2010.

Gubernur Akademi Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Bambang Suwarto mengatakan bahwa latihan ini bertujuan untuk memberikan kemampuan selam bagi seluruh Kadet, sehingga akan dapat membantu dalam penugasan di masa mendatang, disamping itu agar kadet dapat menambah pengalaman dan ketrampilan, khususnya kemampuan menyelam dasar agar mampu melaksanakan penyelaman dengan cara yang benar.

Selain Diving Tank dan Kombasin Koarmatim, beberapa lokasi juga dijadikan tempat latihan antara lain Lakesla RSAL Dr. Ramelan, kolam renang AAL dan Seselam, Kobangdikal. “Materi pokok latihan teori maupun praktek meliputi Tes kemampuan di air, pemantapan renang gaya croll, teori kesehatan penyelaman, teori peralatan scuba, turun ke air tanpa alat, turun ke air dengan alat scuba, dan menyelam dengan alat scuba. Sementara materi praktek meliputi Buddy breathing, pengenalan dan praktek BCD/menyelam 10m, Duck Dive, bongkar pasang alat scuba di kedalaman 5m, fin swimming di laut, menyelam di laut, dan pengambilan brevet”, ujar Kolonel Laut (KH) Sony Santoso yang sehari hari menjabat sebagai Kepala Departemen Jasmani AAL. (Bagpen AAL)


Sbr : Bangpen

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama