Venezuela Kembali Beli Senjata Buatan Rusia

Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin, Senin, mengatakan akan mempertimbangkan untuk menjual senjata kepada Venezuela senilai lima miliar dolar AS. Presiden Venezuela, Hugo Chavez berkeinginan memperkuat militer Venezuela dengan rudal, tank tempur dan kapal selam buatan Rusia.


Seperti yang dilansir kantor berita Rusia Ria Novosti, Putin menjelaskan, delegasinya telah kembali dari Venezuela dan memperoleh tawaran pembelian senjata senilai lima miliar dolar AS. Putin juga menambahkan jumlah itu mencakup 2,2 miliar dolar AS dalam bentuk kredit yang telah diterima oleh Presiden Chavez saat kunjungan ke-8 dia ke Moskow pada September, termasuk tank-tank tempur T-72, sistem rudal canggih anti-pesawat terbang S-300, kantor berita Ria Novosti melaporkan.

Sementara itu, Amerika Serikat kerapkali mengeluarkan sikap keprihatinannya terhadap penjualan senjata Rusia kepada Venezuela.

Chavez mengatakan peningkatan persenjataan dinegaranya bertujuan mengimbangi rencana peningkatan jumlah pasukan AS di Kolombia.

Presiden Dmitry Medvedev belakangan menyatakan bahwa Rusia akan memasok Venezuela dengan semua jenis senjata yang diminta.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, Venezuela telah membeli senjata senilai lebih dari empat miliar dolar AS dari Rusia, mulai dari jet tempur Sukhoi hingga senjata laras panjang Kalashnikov.(GFI/Ant/RN/Ars)


Sbr : GlobalReview

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama