Pangdam sosialisasikan bela negara pada mahasiswa


Banyuwangi TMB- Danrem 083/Baladhika Jaya, Kolonel inf Ferdinand Setiawan mewakili Pangdam V/Brw membuka penataran dan Lokakarya belanegara untuk dosen pendidikan kewarganegaraan di Banyuwangi, Kamis (15/10).

Penataran yang berlangsung selama dua hari hingga jum'at (16/10) itu di ikuti oleh 60 orang dosen dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta se-jatim. Sedangkan narasumber yang dihadirkan antara lain Dr. Lukman (dosen UPN), Mayjen TNI (Pur) Warsito. Laksamana Muda TNI Setyo Harnowo (Wakil Direktur PKBN Dephan) dan Drs. Kasim Sembiring, Msi.

Pangdam V/Brawijay, Mayjen TNI Soewarno, S.IP. Msc dalam sambutan tertulisnya mengharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan wawasan para Dosen serta materi ajaran pendidikan kewarganegaraan yang akan disampaikan kepada mahasiswam, sesuai tuntutan perkembangan situasi dan kondisi maupun tuntutan reformasi saat ini.

Menurut orang nomor satu di Kodam V/Brawijaya ini, selama ini masyarakat cenderung menafsirkan bela negara sebagai tindakan pemaksaan atau militerisasi, sehingga perlu upaya pelurusan.

Oleh karena itu tidak berlebihan apabila para dosen pendidikan kewarganegaraan dijadikan tumpuan harapan dalam upaya mensosialisasikan materi bela negara kepada seluruh generasi muda, khususnya para mahasiswa.

Karena Pangdam menilai materi kewarganegaraan masih sangat relevan dan diperlukan para mahasiswa dalam rangka menumbuhkembangkan kesadaran berbangsa dan bernegara serta kecintaannya terhadap NKRI yang sekarang ini cenderung melemah.

(Brawijaya)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama